Masakan Indonesia


Resep Masakan Indonesia

Selasa, 21 Juni 2016

Eka Lesmana,Lulusan SMP yang berotak cerdas

Eka Lesmana hanya lulusan SMP yang berotak cerdas,sekarang dia sukses mengeruk Dollar dari dunia maya.


http://restauraninfo.blogspot.co.id/2016/06/eka-lesmanalulusan-smp-yang-berotak.html




1. Sebelum menjadi seorang blogger mas Eka Lesmana pernah menjalani profesi sebagai seorang tukang angon bebek. Boleh diceritakan sedikit awal mulai dari tukang angon bebek sampai bisa menjadi seorang blogger?

Sejak lulus smp memang saya ikut pak lik saya angon bebek sekitar 6 bulan mas, setelah itu saya di ajak bude kerja di pabrik tepatnya pabrik ragi di solo. Setelah satu tahun di pabrik saya di tawari sama salah satu mandor saya untuk kerja di jogja, sebagai karyawan di salah satu toko sprei miliknya.
Beberapa bulan di sana saya sudah akrab dengan beberapa pelanggan yang sering belanja , suatu ketika saya bertanya ke pelanggan yang sering belanja di sana.

Saya : Mbak jualan lewat apa mbak kok sering belanja malah hampir tiap hari?
Mbaknya : Lewat toko ya ada tapi rame lewat toko online.
Saya : toko online, apa itu mbak? (karena saat itu saya masih belum ngerti apa apa ya maklum) 
Mbaknya : coba sesekali dolan ke warnet, cari tau apa itu toko online? bagaimana caranya membuat toko online? di google banyak 

Sebenernya ini dialog menggunakan bahasa jawa, tapi saya rubah ke bahasa indonesia biar temen2 paham  maksud dari percakapannya.

Nah sejak itu saya sering ke warnet setelah selesai kerja, sampai beberapa bulan saya ke warnet terus pengeluaran boros sehari 10rb (gaji mepet soale). Sampai saya putuskan untuk casbon bos saya untuk membeli laptop, dan di potong gaji saya setiap bulannya.

Nah dari situ saya terus belajar cara membuat toko online dan berhasil, tapi beberapa masalah tiba. Saya biasa buat toko online tapi kok gta ada yang beli. Nah dari situ saya terus cari tau bagaimana mendatangkan traffik atau pembeli. Sampai saya bisa semua soal toko online dan menghasilkan lebih dari cukup untuk saya, sehari 50 – 200 rb luar biasa banget untuk saya karyawan toko saat itu.
Sampai suatu saat bos saya tau kalau saya jualan online dengan produk produk yg ada di toko, saya di marahi dan ga boleh jualan. Sedih rasanya kembali ke penghasilan yang mepet.

sejak itu saya berfikir lagi (apa iya aku mau jadi karyawan terus, kalau gini terus bagaimana aku bisa membahagiakan orang tuaku, bagaiama kehidupanku kelak, apa aku ga punya masa depan)
hal itu yang selalu ada di pikiranku , tapi aku ga boleh hanyut dalam kegelisahan, aku bisa dan pasti bisa. Sampai aku ada ide untuk browsing browsing bisnis online apa saja yang bisa menghasilkan. Dan ketemulah informasi google adsense, saya coba daftarin bekas toko online saya dan alhamdulillah di approve (mungkin di tahun awal 2012 google lagi baik).

Saya coba pasang iklannya, hasilnya cukup membuat saya kagum sekian hari dan berangjak ke minggu sehari 3- 5 dollar. Seneng bukan kepalang, walau belum percaya bayar atau tidak. setelah nunggu 1 bulan kok ga di bayar bingung jadinya. sampai ada pak pos nganterin PIN google, kemudian saya verifikasi dan pembayaran bulan berikutnya bisa saya ambil :).
Seneng dang seneng banget saat itu, ternyata di bayar dan bukan penipuan. Nah sejak itu saya mengali informasi lebih dalam mengenai google adsense dan kemudian merembah membuat blog bukan dengan toko online lagi.

2. Sejak kapan mas Eka Lesmana mulai bisa menghasilakan uang dari blog

Di awal tahun 2012 sudah menghasilkan walau Cuma 100 dollar sekian media pertama dari website toko online  yang saya pasangi adsense, jeda beberapa bulan sudah menghasilkan dengan blog Indonesia.

3. Menurut informasi yang saya dapatkan Mas Eka Lesmana mengelola cukup banyak blog. Kenapa mas memilih untuk mengelola banyak blog?

Iya mas itu saya terrapin di tahun 2013, karena saya dulu berfikir 1 blog bisa hasilin 150 dollar makan 10 blog bisa 10 x lipat. Ya memang capek banget saat itu karena di kelola sendiri, bayangin aja mas sehari posting lebih dari 10 artikel, belum lagi optimasinya dan lain lain. Tapi di tahun 2014 saya mulai berpindah ke cara yang lebih efisien. Gausah banyak blog, cukup dengan beberapa Bahasa inggris sudah menghasilkan lebih dari cukup.

4. Mas Eka Lesmana bisa dibilang lebih fokus untuk menghasilkan uang dari Google AdSense. Apakah mas memiliki sumber penghasilan lain dari blog selain google AdSense?

Saat ini saya memang baru focus ke google adsense via blog aja mas, tapi sudah meraba raba ke arah lain sih. Masih riset riset untuk terjun kea rah lain itu biar ga terombang ambing alias kebingungan hehehe.

5. Apa saja kendala yang mas alami saat pertama kali belajar ngeblog dan juga kendala-kendala yang masih mas alami sampai sekarang?


Kendala saya saat itu mas, ga ada dana dan minim pengetahuan.
Misal mau beli hosting sama doain harus maksa, soale pendapatan yang minim banget. Harus nabung dulu beberapa bulan (soalnya saya dari awal langsung ke wp jadi pakai hosting dan domain). Soal minim pengetahuan, saya bingung apa yang harus saya cari tau di google. Saya cari kalau saya mengalami masalah atau kendala yang saya alami di blogku, ya intinnya terus mencoba coba dan belajar mas. Saya bisa karena menang mencoba coba kok hehehehe.
Kalau kendala saat ini mas susah ngelawan malas, ya mungkin pemasukan udah ada kerjaan sudah enak itu yang bikin aku malas.

6. Dimanakah tempat favorit mas untuk belajar ngeblog? Mungkin bisa menjadi rekomendasi buat kita-kita yang ingin belajar ngeblog.

Jujur saya ga tau mas, saya ga memperhatikan blog apa saja yang say baca. Karena saya browsing terus sampai ketemu tutorial yang pas dan enak di baca. Kalau ga enak ya tinggal keluar cari lagi dan seterusnya seperti itu. Ya intinya saya browsing dan browsing buat cari tau mas.

7. Adakah tips atau saran untuk blogger pemula yang ingin menghasilakan uang dari blog, khususnya lewat Google AdSense?

Saran :
Untuk temen2 yang ingin terjun di dunia IM didasari oleh motivasi yang kuat. Sebagai contoh motivasiku dulu :
Saya anak orang ga punya, minim pendidikan, ingin merubah nasib dan membahagiakan orang tuaku. Dan yang paling ingin bangkit dari keterpurukan
Ya temen temen cari dulu motivasi kalian yang mendasari kalian untuk masuk IM, karena motivasi inilah yang mendorong semangat kita untuk terus belajar dan belajar . Kalau sebatas ingin tahu dan belajar setengah – setengah alias ga sungguh – sunggu saya sudah prediksi gagal.
Yang perlu kalian ingat, jangan liat orang dari kesuksesannya tapi lihat bagaimana dia mencapai itu semua.
Tipsnya :
Untuk belajar mungkin kalian bisa baca baca alias browsing browsing seputar apa yang akan kalian geluti. Misal baca baca di blognya mas sugeng dan lainnya.

8. Pertanyaan terakhir mas hehe. Boleh dijawab boleh juga tidak. Berapa penghasilan mas perbulan dari Google AdSense?

Di tahun 2014 ini pernah gajian 5 digit 3 kali berturut turut, selanjutnya Alhamdulillah tetapi saya syukuri masih 4 digit.

Penutup…

Demikianlah hasil wawancara saya dengan Mas Eka Lesmana. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kisah sukses yang dialami Mas Eka Lesmana ini.
Keterbatasan bukanlah halangan bagi kita untuk bisa sukses. Apapun keterbatasan atau kekurangan yang kita miliki, asalkan kita mau berusaha dan berfikir maka sukses bukanlah hal yang mustahil.

Sumber Informasi
sugeng.id/wawancara-dengan-eka-lesmana

Gambar Minggu ini

Kembali Keatas